facebook twitter pinterest gplus  

Jumat, Januari 01, 2016

Macam- Macam Jenis Rencong Aceh

aceh.my.id - Rencong merupakan sejnata tradisional Suku Aceh. Rintjong (Bahasa Aceh) menurut catatan sejarah, merupakan senjata tradisional yang digunakan Kesultanan Aceh sejak masa pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah (Sultan Aceh pertama)  Rencong selalu diselipkan di pinggang Sultan Aceh, selain itu para Ulee Balang dan masyarakat biasa juga menggunakan Rencong. Rencong emas milik Sultan Aceh kini dapat kita jumpai di Museum Aceh, dari bukti sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa Rencong memang sudah terlahir sejak masa Kesultanan Aceh dan Rencong juga menjadi simbol identitas diri, keberanian, dan ketangguhan Aceh.


Rencong memiliki berbagai tingkatan, untuk Sultan terbuat dari emas yang berukirkan sekutip ayat-ayat suci Al-Qur'an, sedangkan Rencong lainnya biasanya terbuat dari perak, kuningan, besi putih, kayu dan gading. Saat ini Rencong masih digunakan dan dipakai sebagai atribut busana di dalam setiap upacara-upacara adat Aceh.

Baca Juga: 
Macam Macam Tarian Aceh 
Sejarah dan kepopuleran Rencong membuat masyarakat dunia menjuluki Aceh sebagai "Tanah Rencong"  dan Saat ini Rencong telah diusulkan menjadi Warisan Karya Budaya Dunia UNESCO oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh. Tapi mungkin banyak yang belum tahu kalau Rencong memiliki beberapa macam jenis di antaranya adalah:

1. Rencong Meupucok
Ciri khas rencong Meupucok ini adalah adanya pucuk di atas gagang rencong, pucuk ini terbuat dari ukiran emas atau gading. ukiran pucok yang biasa digunakan adalah ukiran pucok rebung. Rencong ini memiliki panjang 30 cm dengan mata rencong terbuat dari besi putih dan sarungnya terbuat dari gading yang diberi ikatan emas.

2. Rincong Meukure
Kata Meukure merupakan bahasa Aceh yang memiliki arti berkurap atau bisa dimaknakan sebagai bentuk yang begerigi-gerigi atau berukir. Ukiran rencong ini ditunjukkan dengan adanya gambar bunga, ular, lipan dan beberapa ukiran lainnya.

3. Rencong Meucugek
Rincong meucugek memiliki ciri khas berupa adanya lengkungan ke atas di bagian sarung rencong. Lengkungan ini dalam bahasa Aceh disebut meucugek. Pada gambar di bawah ini dapat dilihat bentuk lengkungan yang terdapat di sarung rencongnya.

4. Rencong Pudoi
Dinamakan rencong pudoi karena bentuk rencong belum sempurna atau masih ada kekurangan, kekurangan rencong ini terlihat sekali di gagang rencong.

5. Rencong Hulu Puntong
Ciri khas rencong hulu puntong adalah terbuat dari bahan yang beragam seperti mata rencong yang terbuat dari loga, gagang rencong dari tanduk kerbau dan sarung rencong terbuat dari kayu. Gambar di bawah ini menunjukkan bentuk rencong hulu puntong yang sangat unik dan sedikit berbeda dengan rencong yang lain.

Itulah Lima jenis Rencong yang di Aceh, yang masih jarang di kenal, karena kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa rencong sencata khas Aceh tanpa tau kalau ada beberapa jenis rencong.

3 komentar:

  1. Koleksi rencong musti ditambahkan nih...tapi ternyata ada 5 jenis berbeda ya...mungkin lebih jelas klo di tambahkan gambarnya di masing-masih model ini bro....jadi biar lebih jelas...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks saranya bro...
      Insya Allah akan ditambah :D

      Hapus