facebook twitter pinterest gplus  

Sabtu, Maret 12, 2016

Mau Beli Power Bank ? Baca ini dulu deh

aceh.my.id - Anda yang ingin membeli sebuah Power Bank pasti yang menjadi perhatian anda adalah berapa besar kapasitas kapasitas mAh. Semakin tinggi nilai mAh yang tertera di Power Bank tentunya semakin tinggi pula rogoh kocek yang harus anda keluarkan.  Sebagai contoh Power Bank dengan kapasitas 10000 mAh dan digunakan untuk mengisi sebuah smartphone yang berkapasitas 2000 mAh maka Power Bank tersebut dapat digunakan 5 kali. Artinya Power Bank dengan kapasitas 10000 dapat mensupplai batterai smartphone sampai penuh sebanyak 5 kali ( 10000/2000=5). 

Penulis yakin kebanyakan pembaca  berpikir seperti demikian. Ternyata dalam kebanyakan kasus justru Power Bank dengan kapasitas 10000, 12000, 16000 dll tidak dapat mensupplai batterai dengan maksimal sebagaimana diharapkan. Tentu semua pembaca bertanya-tanya, Mengapa ?



mAh adalah singkatan dari mili ampere hours . Pada sebuah batterai atau charger nilai mAh menunjukkan kapasitas ampere arus dibagi 1000 ( dibagi 1000 merupakan konversi satuan dari Ampere ke mili ampere) yang bisa disimpan dikalikan satuan waktu (jam atau hours). Nilai mAh ini sebenarnya bisa anda konversi sendiri ke Wh (Watt hours) dengan syarat anda mengetahui nilai tegangan pada batterai  Power Bank.

Sumber

Kebanyakan Power  Bank hanya menunjukkan kapasitas mAh dan Wh. Gambar spesifikasi Power Bank diatas menunjukkan kepada kita bahwa kapasitas Power Bank tersebut 10000 mAh dengan 37 Wh. Nilai 37 Wh tersebut sebenarnya memberitahu kepada kita berapa  tegangan pada batterai Power Bank  itu. Dengan perhitungan rumus daya listrik DC

V (volt) = P (watt) / I (ampere)
= 37 W / 10000 mAh  ( konversi ke Ampere sama dengan 10 A)
=  37 W / 10 A
=  3,7 V

Dari spesifikasi Power Bank di atas kita dapat mengetahui bahwa nilai tegangan pada batterai lithium power bank itu 3,7 V. Beberapa Power Bank  lainnya juga tidak berbeda jauh nilai tegangannya berkisar antara 3,6 sd 3,7. Kebutuhan sumber charge dari batterai smartphone mengikuti standar colokan USB yaitu 5 Volt. Disinilah kesalahan persepsi dalam pembacaan sebuah Power Bank terjadi.

Karena kebutuhan beban dari power bank dalam hal ini adalah batterai smart phone yaitu 5 volt, maka power bank harus mengkonversi besaran tegangan batterai lithiumnya dari 3,7 volt menjadi 5 volt sehingga nilai mAh dari power bank tersebut ikut berubah sesuai dengan nilai perbandingan tegangan batterai terhadap tegangan output yang dibentuk, sehingga munculah konstanta faktor kali terhadap mAh power bank yaitu 3,7 volt / 5 Volt = 0,74

Tidak hanya itu, harus diperhatikan pula bahwa setiap power bank memiliki tingkat efisiensi tersendiri, artinya tidak semua mAh dapat disimpan seluruhnya 100 %, karena batasan material dan elektronis pada power bank, pasti ada rugi2 yang timbul dan tidak tersimpan dalam bentuk mAh. Efisiensi power bank dikatakan tinggi jika  > 85 % dan bisa disebut rendah jika < 70 %. Selanjutnya penulis akan mengambil asumsi power bank yang cukup handal yaitu memiliki tingkat efisiensi 90 %

Dengan memiliki data konstanta faktor kali dan nilai efisiensi  power bank, mari kita kembali pada kasus yang sudah diuraikan diatas, yaitu sebuah power bank dengan spesifikasi 10000 mAh yang digunakan untuk charger supply batterai smart phone 2000 mAh. Maka nilai mAh sebenarnya dari power bank tersebut adalah :

0,74  x 10000 mAh  x 90% = 6660 mAh

Jadi, power bank dengan spesifikasi tertulis  10000 mAh  sebenarnya nilai mAh sebenarnya adalah 6660 mAh, sehingga untuk charger supply daya batterai smart phone 2000 mAh, bisa dilakukan power bank tersebut sebanyak  6660 mAh / 2000 mAh = 3,33 kali. Bukan 5 kali seperti persepsi sebelumnya.

Data yang dihasilkan diatas adalah data jika proses charging dilakukan pada batterai smart phone saat smart phone tersebut power Off dan asumsi efisiensi 90%. Jika proses charging dilakukan dengan posisi smart phone power On dan efisiensi tingkat efisiensi Power Bank < 90 %, maka bisa mempengaruhi / mengurangi prediksi jumlah kemampuan berapa kali power bank tersebut bisa melakukan pengisian daya.[Areev]



0 komentar