4 Kuliner dengan Cita Rasa Aceh Banget

aceh.my.id - Aceh merupakan salah satu daerah di nusantara yang memiliki berbagai macam kuliner yang memiliki cita rasa yang luar biasa, rasa yang paling umum di masakan aceh adalah pedas, asam dan asin, ini semua di hasilkan dari racikan bumbu2 alami yang ke Aceh banget.

Sudah begitu banyak wisatawan yang ketagiah dengan berbagai kuliner Aceh, umunya setiap kuliner Aceh di jual di restoran2 Aceh pastinya dengan harga yang sesuai dengan dompet, adapun beberapa kuliner yang memiliki cita rasa yang asli Aceh bangget adalah sebagai berikut.



Sumber Gambar : rinaresep.com

1. Kuah Beulangong 

Kuah beulangong merupakan salah satu masakan dari Aceh besar, daging kambing atau sapi merupakan bahan utamanya kemudian ditambahan rempah-rempah asli Aceh seprti jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, lada, cengkeh dll semuanya di haluskan dengan belender, kemudian dimasak menggunakan belanga yang ditambahi potongan buah nangka atau pisang. 


2. Sie Reuboh

Sie reuboh salah satu sajian khas Aceh Besar yang dibuat dari rebusan daging sapi dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabe merah serta merika. Dalam proses memasaknya ditambahkan cuka secara bertahap hingga meresap kedalam daging, penambhan cuka dimaksud untuk membuat daging dapat bertahan lebih lama serta empuk.


3. Mie Aceh

Mie Aceh salah satu kuliner khas yang memiliki bahan dasar mie disajikan dengan taburan acar bawang, emping, potongan mentimun serta irisan jeruk nipis. Mi ini terkadang disajikan dengan tambahan udang, cumi, ataupun daging sapi untuk menambah cita rasanya. Yang membedakannya dengan mi daerah lain adalah rasa karinya yang gurih serta pedas yang khas.


4. Kopi Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan nikmatnya kopi Aceh, Minuman kopi memang dikenal dan popular diseluruh dunia, namun bukan bearti semua kopi sama rasanya, setiap kopi memiliki tinggkat kenikmataan yang berbeda-beda, dan kopi juga memiliki banyak jenis tergantung daerah masing- masing, jika Italia punya Copuchinno yang begitu popular Aceh juga memiliki sanger, kopi susu dengan racikan special

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.