Air Terjun Peucari, Mutiara Terpendam di Aceh Besar

aceh.my.id - Aceh memang kaya akan tempat wisata, tidak hanya tempat wisata religi tapi juga wisata alam yang yang membuat decak kagum siapa saja yang melihatnya. Salah satunya Air terjun Peucari. Air terjun ini memang masih asing terdengar karena masih baru dibuka untuk umum.  Air terjun ini sendiri terletak di belantara Jantho, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Air Terjun Peucari terletak di tengah hutan Jantho, berjarak sekitar 60 kilometer atau 1 jam perjalanan menggunakan mobil ke arah selatan dari Banda Aceh. Lokasi itu dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan umum hanya melayani rute dari Banda Aceh ke pusat kota Jantho.


Sumber Gambar : aceh.tribunnews.com

Dari pusat kota, pengunjung masih harus menempuh perjalanan sekitar 10 kilometer ke Gampong (Kampung) Bueng, Kecamatan Jantho, yang menjadi pintu masuk ke lokasi air terjun. Tidak ada kendaraan umum yang melayani rute dari pusat kota Jantho ke Bueng.

Sebelum menuju ke Air Terjun Peucari, pengunjung harus melapor terlebih dahulu kepada kelompok pemuda setempat. Lokasi air terjun di dalam hutan dan jauh dari perkampungan membuat warga setempat mewajibkan pengunjung harus didampingi pemuda setempat.

Itu dilakukan untuk mengantisipasi agar pengunjung tidak tersesat atau terjadi perbuatan yang tidak diinginkan. Pengunjung pun wajib membayar Rp 200.000 per kelompok (maksimal 10 orang) kepada pendamping per kunjungan.

Nantinya, pengunjung harus berjalan kaki selama 2 jam melalui jalur sekitar 5 kilometer dari Gampong Beung ke dalam hutan. Banyak pengalaman yang bisa dirasakan pengunjung selama perjalanan menuju air terjun itu. Pengunjung dapat merasakan pengalaman melawan arus Sungai (Krueng) Jantho.

Ketika berjalan menyusuri sungai melawan arus, tubuh terasa rileks karena kaki merasakan kombinasi dinginnya air yang jernih, tarikan arus, dan tekstur batu-batu koral.

Pengunjung pun dapat merasakan pengalaman menyusuri hutan Jantho. Hutan ini bagian dari kawasan lindung. Pengunjung dapat pula merasakan tenteramnya berada di bawah pohon-pohon rimbun nan hijau dan tenangnya mendengar suara burung bernyanyi di antara ranting pepohonan.

Setelah menguras energi berjalan kaki melewati delapan alur sungai dan ribuan pohon, pengunjung tiba di satu tanjakan. Lelah menghantui ketika akan melalui tanjakan itu. Namun, di balik tanjakan, Air Terjun Peucari sudah menanti.

Setelah sekitar 50 meter melewati tanjakan, tibalah pengunjung di hadapan air terjun. Suara gemercik menjadi penanda awal bahwa pengunjung sudah tiba di lokasi air terjun tersebut. Menoleh ke kanan, pengunjung pun akan melihat air terjun yang bertingkat-tingkat. Itulah Air Terjun Peucari yang dicari.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.