Tari Saman Muncul di Video Klip Coldplay

Prestasi dari tari saman di kancah Internasional memang tiada habisnya, yang ini menjadi kebangaan tersendiri bagi seluruh masyarakat Aceh, setelah beberapa waktu yang lalu tari saman meborong 6 penghargaan di festival tari tradisional di Rusia, kini di awal tahun tari saman Aceh kembali membanggakan dengan masuk dalam Proyek film 'Amazing Day' dari Coldplay

Proyek film ini merupakan video klip lagu terbaru coldplay dari lagu terbarunya Amazing Daya yang menampilkan berbagai destinasi dan kebudayaan dunia  termasuk Tari Saman, dan tari topeng yang merupakan tari tradisional jawa barat.


Sumber Gambar : gramedia.com

Coldplay, band papan atas dunia yang diawaki Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman dan Will Champion ini sudah begitu terkenal di dunia tak terkecuali Indonesia. Proses pemuatan video saman Aceh ini adalah dengan diawali pengunguman dari pihak coldplay untuk mengirim video durasi pendek tentang keberagaman kebudayaan dunia melalui social media official mereka, sontak saja begitu banyak pengirim video-video kebudayaan dunia termasuk video tari saman, dan ini menjadi salah satu pilihan dari pihak coldplay yang ditayangkan di video klip mereka.

"On November 19 2016, we asked you to show us what was happening in your corner of the world for our global Amazing Day movie project. Thousands of you did. Here is the finished movie," begitu tulisan pada postingangan fanpage clodplay



Dikutip dari detik.com menyebutkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasinya terkait hal ini begitu juga  Kadispar Aceh Reza Pahlevi pun turut bangga, "Tentu sangat membanggakan dan kesempatan yang bagus sekali untuk memperkenalkan Saman ke dunia, sekaligus mempromosikan Aceh," ujarnya dalam informasi yang kami kutip dari detikTravel

Tari Saman yang terlihat dalam proyek film Coldplay tersebut muncul dalam hitungan 2-3 detik. Terlihat, deretan penari wanita dengan gerakan tepukan tangan yang khas di suatu padang rumput.

Proyek film 'Amazing Day' tersebut sudah ditonton 3,7 juta orang dan dishare 87 ribu akun Facebook lainnya. Selain lirik yang dalam, yang menarik dalam video itu adalah potongan-potongan aktivitas, destinasi dan orang-orang di dunia!

"Kita ketahui, Saman merupakan warisan budaya dunia yang sudah mendapatkan pengakuan UNESCO," kata Reza.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengucapkan terimakasih kepada Coldplay. Dengan munculnya potongan-potongan budaya Indonesia dalam proyek film mereka, tentu menjadi suatu promosi untuk lebih mengenalkan Indonesia di mata dunia.


Versi Youtube

1 komentar:

  1. Semakain berjaya terus Aceh dengan tradisi kesenian yang memukau dunia

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.