Mahasiswa KKN Unsyiah bantu siapkan Desa Blang Kede sebagai Desa Definitif - aceh.my.id

Breaking

aceh.my.id

Melirik Uniknya Aceh

Senin, Agustus 13, 2018

Mahasiswa KKN Unsyiah bantu siapkan Desa Blang Kede sebagai Desa Definitif

aceh.my.id, Gayo Lues - Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok GL 025 kuliah kerja nyata (KKN) periode XV Universitas Syiah Kuala yang ditempatkan di desa Blang Kede kecamatan Terangun kabupaten Gayo Lues ikut membantu pemerintahan desa dalam hal mempersiapkan diri menjadi desa Definitif. Maksud dari desa definitif adalah desa yang telah resmi berdasarkan hukum.


Pasalnya desa Blang Kede yang masyarakat Gayo Lues sendiri lebih mengenalnya dengan sebutan atu bale, adalah desa yang baru dimekarkan dari desa Rime Raya pada tahun 2014 silam. Desa yang baru seumur jagung ini, terus berbenah diri untuk menjadi desa Definitif. Kondisi akses desa yang berjarak lebih kurang 110 KM dari Blang Kejeren ini membuat banyak hal harus dibenahi. Saat ini desa Blang Kede dipimpin oleh seorang PJ. Pengulu (geuchik) yaitu Bapak Jamin yang baru dilantik pada bulan juni yang lalu.

Pelaksanaan KKN Universitas Syiah Kuala periode XV di kabupaten Gayo Lues dirasa sangat membantu desa-desa yang berada dalam wilayah Pemerintahan Gayo Lues, termasuk juga desa Blang Kede. Mahasiswa yang ditempatkan di desa ini turut membantu dalam mempersiapan desa Blang Kede menuju desa definitif. Seperti dalam melengkapi data kependudukan, pembuatan reusam desa dan profil desa yang memang pada sebelumnya tidak ada.

Sahbuddin menuturkan “Untuk menjadi desa definitif harus melewati beberapa proses administratif yang telah diatur dalam Qanun 3 tahun 2012 tentang Pemerintahan Kampung serta turunannya, seperti penduduk yang menempati desa tersebut harus lebih dari 50 kepala keluarga, Pengangkatan/SK perangkat Kampung dan sebagainya”. Memang sampai dengan saat ini beberapa perangkat desa telah ada dan ada pula yang sedang dalam proses pengusulan ke Kecamatan. Serta harus dilaksanakan pemilihan Keuchik sehingga Kampung Blang Kede nantinya menjadi sebuah desa definitif yang mandiri.

Kemudian Saidus selaku ketua kelompok juga mengungkapkan “Dengan kehadiran mahasiswa KKN di Kampung Blang Kede dapat memberikan manfaat yang besar bagi Masyarakat Kampung Blang Kede serta sebagai bentuk pengaplikasian segala yang telah mahasiswa pelajari sesuai dengan keilmuannya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar