facebook twitter pinterest gplus  

Sabtu, Maret 26, 2016

Ini Alasan OS Windows Mudah Dibajak

Logo Microsoft.inc 
Pernah berpikir tidak kenapa Os (operating system) windows begitu mudahnya dibajak ? bahkan tidak hanya Os windows tetapi juga dengan aplikasi-aplikasinya semuanya bisa kita dapatkan dengan illegal secara gratis. Saya yakin setiap anda yang memakai Operating system Windows semuanya bajakan termasuk aplikasi-aplikasi di dalamnya seperti Microsoft word, corel draw, antivirus dan lain sebagainya yang support dengan os windows. Mungkin sangat sedikit atau bahkan tidak ada pemakai os windows yang benar-benar original kecuali perusahaan-perusahaan besar tertentu yang tidak mungkin memakai produk bajakan.

Kira-kira anda tahu tidak berapa harga sebuah OS original windows ? harga sebuah windows 8.1 di microsofr store dibandrol dengan harga $199.99 (lihat disini www.microsoftstore.com ) kalau kita konfersikan ke dalam rupiah sama dengan Rp2.599.870 (kurs rupiah 13.000/dollar ) , jauh dibandingkan dengan harga windows bajakan yang bisa kita dapat hanya dengan 50 ribu saja di tempat install ulang laptop.

Masak sih microsoft dengan puluhan ribu programmernya tidak mampu membuat sebuah protect yang dapat menyulitkan para cracker untuk menjebol produknya ? Bahkan sebelum produk asli mereka dirilis di internet sudah ada produk bajakan yang bertebaran di berbagai website/blog di indonesia. Crackers indonesia memang cukup ahli dalam hal ini.

Apakah programmer windows sebodoh itu sampai OS nya begitu mudah dibajak ?

Menurut informasi dari berbagai sumber yang penulis baca, sebenarnya itu semua triknya windows agar semua pengguna komputer terbiasa dengan os windows, agar kita bersahabat dengan produk mereka. Sehingga kapanpun kita menggunakan komputer harus dengan yang beroperasi system windows dengan produk-produknya. Dengan begitu, kita tidak akan beralih ke operasi system lain. Linux misalnya dalam hal OS, System operasi open source ini kalau kita lihat dari segi keamanan dan performance nya memang kalah jauh dengan windows selain itu saat kita selesai menginstall OS linux ini maka secara otomatis akan diikut sertakan dengan aplikasi-aplikasinya yang free. Karena Linux merupakan OS open source yang dapat dikembangkan oleh siapa-saja. Kalau dari segi user friendly memang windows ahlinya. Mungkin ini salah satu sebab user windows susah beralih ke OS yang lain.

Lalu apa yang terjadi ketika kita sudah terbiasa dan sangat bersahabat dengan windows ? tentu kita tidak dapat melepaskan diri dari OS yang windows ini. Ketika tidak dapat melepaskan diri dari windows, maka disinilah triknya berhasil. Orang-orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan pasti harus menggunakan windows karena para karyawannya hanya bisa menggunakan windows tentu saja harus menggunakan windows yang original, mereka harus membeli. Mau beralih ke OS lain? semua orang sudah menggunakan windows. Ketika suatu perusahaan menggunakan microsoft word yang berekstensi (.docx) ingin mengirim data ke suatu perusahaan lain yang menggunakan OS linux yang bukan berkestensi (.docx) tentu tidak bisa terbaca karena berbeda ekstensi di Windows dengan di OS  linux. Selain itu sebuah perusahaan juga tidak mungkin menggunakan OS Linux yang tidak dapat digunakan oleh karyawannya. Jikapun dipaksakan maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk membuat mereka user friendly dengan OS Linux. Dan akhirnya windows lah yang menjadi tujuan karena semuanya sudah menguasai Os windows. Yang penulis paparkan disini mungkin salah satu diantara sekian banyak alasan windows membiarkan os nya mudah dibajak. [Areev]


0 komentar