Lebih Dekat Dengan Tompi, Penyanyi dan Dokter Asal Aceh - aceh.my.id

Breaking

aceh.my.id

Melirik Uniknya Aceh

Senin, Desember 10, 2018

Lebih Dekat Dengan Tompi, Penyanyi dan Dokter Asal Aceh


aceh.my.id, Beberapa bulan yang lalu public dihebohkan dengan kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet yang disebarkan di media sosial. Nah, Tompi termasuk salah satu yang mengungkapkan kejanggalan pada foto itu di media sosial miliknya. Mungkin tidak banyak yang tau, tompi tidak hanya seorang penyanyi tapi juga seorang dokter bedah plastik.
Tompi yang bernama asli Teuku Adifitrian  adalah seorang dokter yang juga penyanyi dan presenter Indonesia. Ia dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan meraih gelar spesialis bedah plastik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahun 2010. Namun, karena kecintaan dan kemampuannya bermusik ia menjadikan bermusik sebagai pekerjaan sampingan yang menyenangkan.

Ia lahir dan besar di kota Lhokseumawe Aceh, sehingga karakter vokalnya pun dipengaruhi oleh nyanyian tradisional Aceh dan teknik mengaji Al-Qur’an. Setelah sempat tampil diberbagai cafe dan bergabung dalam beberapa grup, akhirnya kemampuan bernyanyi dengan ciri khas Tompi pun diakui oleh para pendengar musik. Ia bahkan masuk dalam jajaran penyanyi top Indonesia.


Perjalanan karir tompi sebagai musisi bemula dari kegiatan kampus yang selalu diikutinya disela-sela kuliah, Tompi mulai memberanikan diri untuk tampil bernyanyi. Dari sinilah olah vokalnya terus berkembang dan terbentuk melalui pertemuannya dengan beberapa nama besar di bidang seni musik dan tarik suara seperti Bertha dan Tjut Deviana. Tompi terus mendalami bakat dan hobi bernyanyi melalui berbagai sanggar tari di Aceh, dimana ia dapat mempelajari tari sambil bernyanyi dan bermain alat music gendang. Selain bernyanyi, Tompi juga mengembangkan dirinya untuk bisa mencipta lagunya sendiri. Ia mulai menciptakan beberapa lagunya sendiri di sela-sela waktu senggangnya. Tompi mendapatkan inspirasi lagu dari suasana sekitar ataupun pengalaman pribadi dari orang orang terdekatnya.

Walaupun dikenal masyarakat sebagai penyanyi jazz professional. Tompi juga tidak meninggalkan profesinya sebagai dokter begitu saja, setelah  lulus dari  Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tompi kemudian menempuh spesialisasi di bidang bedah plastik. Tompi juga  sempat bekerja sebagai dokter umum di IGD Rumah Sakit Koja, Tanjung Priok, lalu beralih menjadi dokter okupasi di PT National Panasonic, dan terakhir di US Embassy dan kemudian mendirikan sebuah klinik  spesial untuk bedah estetik, pelayanan gigi dan kulit yang  diberikan nama yang sedikit unik yaitu Beyoutiful Clinic, di daerah Jakarta Selatan.

Pria yang mulanya ingin menjadi insinyur ini mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Arti Indira pada 1 September 2006. Sebelumnya Mereka telah menjalin kasih selama 6 tahun. Dari pernikahan tersebut mereka telah memiliki tiga orang anak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar