Festival Reincarnation IV Sukses digelar. - aceh.my.id

Breaking

aceh.my.id

Melirik Uniknya Aceh

Selasa, April 02, 2019

Festival Reincarnation IV Sukses digelar.

Banda Aceh - Reusam in competition of art and traditional dance event atau yang disingkat Festival Reincarnation sukses digelar. Kegiatan festival kesenian tradisional Aceh ini pelaksanaan ke 4 kalinya setelah pada tahun 2016 silam pelaksanaan yang ke 3. 

Kegiatan rutin 2 tahunan  sekali ini yang dilaksanakan oleh UKM Reusam FH Unsyiah memperlombakan Tari Rapai Geleng dan Tari Ratoh Jaroe yang diikuti oleh SMA/MA/SMK/sederajat se-Provinsi Aceh. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai momentum untuk menggugah kembali rasa sukan kesenian dan kebudayaan tradisional Aceh pada kaula muda.



Kegiatan yang bertemakan “lam hudep tameu sare, lam nanggroe tameu syedara, seni budaya bek sampoe mate, keuneubah indatu beutajaga” di selenggarakan mulai tanggal 1 sampai dengan 2 April 2019 di Halaman Fakultas Hukum Unsyiah. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Hukum Unsyiah  Prof. Dr. Ilyas, S.H., M.Hum  berharap kegiatan reincarnation kedepan dapat dilaksanakan se-sumatera.

Dalam reincarnation ke 4 ini peserta yang paling jauh  SMA dari Aceh selatan. Sedangkan dewan juri yang turut menilai para peserta terdiri dari  Bapak Imam Juaini, MA. , Yulia Susantri, S.H. M.H. ,Mutakin yang berkompeten dan berpengalaman dibidang kesenian Aceh.
Perlombaan yang selama dua hari ini memperebutkan juara 1,2, dan 3 pada setiap kategorinya. Untuk juara rapai geleng sendiri juara 1 Mandel, juara 2 Mas Inshafuddin, juara 3 MAS darul ulum. Sedangkan kategori Ratoh Jaroe juara 1  SMA 2 Banda Aceh,  juara 2  MAS Inshafuddin, juara 3 MAN Model. Untuk setiap juara sendiri mereka mendapatkan uang pembinaan, tropi,dan piagam penghargaan.

Dalam sambutan pada penutupan Reincarnation ke 4 wakil dekan 3 fakultas hukum unsyiah Dr. M. Gaussyah, S.H., M.H. mengatakan" Kegiatan ini membuktikan masih ada kepedulian generasi milenial terhadap kesenian tradisional ditengah-tengah perkembangan zaman saat ini". Selain itu dalam kegiatan ini juga digelar  Bazar jajanan yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar