Saatnya Millenial Melek Investasi, Cara Mudah Investasi di BIBIT - aceh.my.id

Breaking

aceh.my.id

Melirik Uniknya Aceh

Rabu, Februari 17, 2021

Saatnya Millenial Melek Investasi, Cara Mudah Investasi di BIBIT

Investasi bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi setiap orang. Pada dasarnya investasi merupakan kegiatan menanamkan modal pada suatu perusahaan atau aset dengan nilai yang tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat di kemudian hari.

Dengan begitu, investasi sering dikaitkan dengan hanya orang yang sudah bekerja dan berpenghasilan tinggi saja yang bisa melakukan investasi. Ya, mungkin itu zaman dulu yang jelas berbeda dengan zaman sekarang. Kini, generasi milenial pun sudah bisa melakukan investasi sejak dini.

Memang pada kenyataannya, milenial masih belum banyak yang akrab dengan investasi karena diantara mereka masih berat meninggalkan gaya hidup yang tinggi seperti belanja-belanja hingga nongkrong di kafe-kafe. Padahal investasi sekarang ini tidak butuh modal yang besar, cukup dengan Rp100 ribu saja, milenial sudah bisa investasi.

Meski modal investasi kecil tapi jika sudah dimulai sejak muda, Anda bisa merasakan banyak manfaat di kemudian hari. Namun, hal ini tentunya dengan jenis investasi yang tepat.

Manfaat Investasi

1. Nilai Aset dan Kekayaan akan Semakin Meningkat

Investasi secara otomatis dapat meningkatkan nilai aset serta kekayaan yang dimiliki. Aset yang dimaksud disini tidak terbatas pada gedung ataupun properti lainnya, tetapi uang yang dimiliki atau tersimpan sebagai dana investasi juga dapat digolongkan sebagai aset. Aset berupa ini jika disisihkan untuk investasi tentunya akan berkembang semakin banyak. Berkembangnya aset tentunya berbanding lurus dengan berkembangnya kekayaan yang dimiliki.

2. Merdeka dalam Hal Keuangan

Merdeka identik dengan kebebasan. Merdeka secara finansial berarti bebas dalam hal keuangan. Dikatakan bebas karena dapat menghidupi kebutuhan sehari-hari dengan kekayaan yang telah dimiliki tanpa harus bekerja keras.

Aset yang dimiliki jika diinvestasikan bisa mendatangkan uang yang dapat mengisi pundi-pundi rekening semakin banyak. Dari keuntungan inilah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tanpa perlu merasa khawatir dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

3. Terhindar dari Inflasi

Inflasi dapat dikatakan hal yang wajar terjadi pada setiap negara. Setiap negara pasti mengalami inflasi meskipun dengan tingkatan yang berbeda. Indonesia sendiri dapat dikatakan sebagai negara dengan tingkat inflasi yang cukup tinggi. Inflasi hampir memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perekonomian, terutama dalam hal jual beli, karena dapat melemahkan daya beli masyarakat. Untuk itu, investasi merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk terhindar dari inflasi.

4. Menyiapkan Masa Depan yang Cerah

Memasuki usia senja, meskipun keinginan untuk bekerja masih ada dan ingin terpenuhi, tapi fisik sudah tidak mampu memenuhi lagi. Di usia senja otomatis penghasilan yang didapat pun akan berkurang dibandingkan dengan masa-masa usia produktif.

Maka berinvestasi sejak muda merupakan cara untuk membantu mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. Investasi yang direncanakan dan dimulai sejak sekarang tentunya akan membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari.

Apa itu Bibit ?

Bibit adalah aplikasi investasi Reksadana online yang membantu Anda memilih reksadana terbaik.

Tujuan aplikasi investasi Bibit adalah supaya Anda bisa langsung mulai melakukan investasi Reksadana dengan mudah dan sesuai toleransi resiko serta tujuan keuangan Anda.

Apakah Bibit, aman ? Apa investasi Bibit diawasi OJK ?

Bibit sudah terdaftar OJK. PT Bibit Tumbuh Bersama (“Bibit”) berlaku sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan legalitas yang jelas, apakah aplikasi Bibit dari PT Bibit Tumbuh Bersama penipu ? Jelas tidak – menurut saya dari informasi yang ada.

Dalam review aplikasi bibit, saat saya melakukan pendaftaran di aplikasi, Bibit menanyakan sejumlah hal, antara lain umur, penghasilan, level resiko dan target tujuan hidup kamu.

Jawaban pertanyaan tersebut diolah Bibit untuk membuat rekomendasi portofolio investasi Reksadana terbaik.

Bagaimana Bibit membuat rekomendasi portfolio ?

Menurut Bibit, teknologi yang mereka gunakan dalam memberikan rekomendasi adalah pendekatan Teori Modern Portfolio yang diperkenalkan oleh ekonom Harry Markowitz, yang klaim Bibit, sudah terbukti dapat menjaga resiko dan memaksimalkan keuntungan lewat diversifikasi.

Salah satu alasan menggunakan Bibit adalah karena kebutuhan setiap orang itu unik, personal, sehingga perlu portfolio reksadana yang khusus dibuat untuk masing – masing orang sesuai dengan umur, penghasilan dan toleransi kamu terhadap resiko.

Tidak hanya berhenti memberikan membuat saran komposisi portfolio, tetapi Bibit juga memantau portfolio secara otomatis untuk mempertahankan alokasi optimal sesuai dengan yang disarankan.

Cara daftar bibit

Buka aplikasi Bibit.

Klik disini untuk download aplikasi Bibit

 

Klik Register.



Jawab 6 kuesioner singkat Bibit sesuai dengan profil dan tujuan investasi kamu. Setelah menjawab 6 pertanyaan, kamu akan mengetahui profil risiko kamu, untuk melanjutkan ke registrasi Klik Lanjut Registrasi.




Masukkan nomor Handphone yang aktif dan kamu gunakan di kolom yang tersedia, dan kode referral muhammad46 (dengan memasukkan kode referral muhammad46 anda akan mendapatkan cashback sebesar 50 ribu dari bibit dan pemilik kode referal tersebut juga akan mendapatkan cashback sebesar 25 ribu)

Setelah klik Lanjutkan, kamu akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi. Input kode verifikasi tersebut di kolom yang tersedia, lalu Klik Lanjutkan.



Kamu akan masuk ke Halaman Register, isi kolom yang ada sesuai dengan data diri kamu.


Upload foto KTP, foto selfie sambil pegang KTP dan tanda tangan.

Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia seperti gambar di atas. Klik Clear jika tanda tangan yang kamu lakukan belum sesuai dengan E-KTP, lalu ulangi tanda tangan, jika sudah sesuai klik save.

Klik Daftar lalu kamu akan masuk ke halaman Setup Pin.


Set Pin kamu, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin.

Perlu diketahui bahwa Pin ini digunakan setiap kali kamu melakukan penjualan reksa dana, jadi pastikan angka pin kamu mudah diingat.

Setelah konfirmasi Pin, silakan buka email kamu, lalu klik Verifikasi Email


Data kamu akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi kamu akan selesai maksimal 1x24 jam.

Sumber 
https://www.cermati.com/artikel/milenial-ini-4-manfaat-investasi-sejak-muda-dengan-pilihan-jenis-investasi-yang
tepathttps://faq.bibit.id/id/article/bagaimana-cara-registrasi-akunrekening-reksa-dana-di-bibit-hc524t/