Tradisi Minum Kopi Terbalik (Kupi Khop) di Aceh - aceh.my.id

Breaking

aceh.my.id

Melirik Uniknya Aceh

Rabu, Maret 03, 2021

Tradisi Minum Kopi Terbalik (Kupi Khop) di Aceh

Ingin Menikmati kopi namun dengan cara yang tak biasa, cobalah berkunjung ke Aceh di pulau Sumatera. Dikota yang mendapat julukan Kota Serambi Mekah ini kita bisa menikmati Kopi Khop yakni Sebuah kopi yang disajikan dengan gelas terbalik.

Maksudnya Terbalik adalah Bawah gelas berada diatas sedangkan Atas gelas berada dibawah sembari menggunakan tatakan gelas sebagai penutup bagian bawahnya. Lalu ada sedotan yang dijepit diantara gelas sebagai alat untuk membantu meminum kopi.

Sebenarnya Kopi Khop bisa dinikmati dengan berbagai cara. Tidak selalu disajikan dengan alat bantuan sedotan namun juga bisa diminum sambil kita mengangkat piring yang menjadi tatakanya. Gelas dan tatakanya dipisahkan pelan2 sembari kita nikmati kopinya dan meminumnya melalui tatakan gelas.

Jika kita meminumnya melalui sedotan maka caranya adalah ditiup terlebih dahulu sehingga cairan kopi merembes keluar gelas. Ketika sudah banyak kopi yang keluar lalu kita hirup. Unik dan rada ribet sih heee terutama bagi mereka yang gak biasa.

Kupi khop adalah sebuah minuman kopi khas Meulaboh, Aceh Barat. Kopi tersebut disajikan pada gelas yang ditempatkan dalam keadaan terbalik di sebuah piring kecil dan diminum dengan cara menyeruput atau menyedot cairan kopi yang ada di piring kecil sampai menyisakan ampas kopi yang ada di dalam gelas terbalik tersebut.Dalam bahasa Aceh, kupi khop memiliki arti kopi terkelungkup atau terbalik



Dalam sejarahnya, Kupi Khop sengaja disajikan dalam terbalik di masyarakat Meulaboh dan Aceh. Bermula dari Kebiasaan warga pesisir Barat Aceh terutama warga Meulaboh yang akan meminum kopi dalam waktu yang cukup lama sembari bercengkrama bersama penikmat kopi lainnya.Namun kopinya biasanya hanya diminum beberapa teguk saja kemudian ditinggal pergi untuk bekerja di laut. Nah agar kopi yang disajikan tetap hangat, maka kopinya dibuat tertelungkup agar tetap enak saat diminum kembali. Selain itu kopi yang gelasnya dibalik juga bisa membuat kopi tidak tercemar oleh debu dan kotoran.

Sumber :
https://kataomed.com/kuliner/uniknya-kopi-khop-kopi-khas-aceh-yang-gelasnya-dibalik